Friday, September 01, 2006

Nyamuk nakal




Grrrrrrr.... makin banyak aja nyamuknya. Udah di semprot pake Baygon, mbakar tiga roda sekaligus vape gak mempan. Kepaksa make lotion anti nyamuk tiap satu jam... duhhhhh... kasian deh anak2 ibu. apa mungkin karena musim kemarau yaaaa? kesel banget. Padahal semua tumbuh2an air sudah dimusnahkan ama papa Sam. Dan dibelakang kita miara buanyaaakk banget ikan air tawar gak tau deh namanya... yang ibu inget cuma ikan sapu-sapu termasuk didalamnya (wink*wink*)

Saat nya untuk membeli Zodia kali yaaa, Ibu pernah baca di Kompas, tanaman zodia salah satu tanaman perdu yang ampuh mengusir nyamuk.

+ Zodia (Evodia suaveolens, Scheff).

Tanaman perdu ini berasal dari keluarga Rutacea. Tinggi tanaman 0,3 – 2 m dan panjang daun dewasa 20 – 30 cm. Bentuk zodia cukup menarik sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias. Zodia berasal dari Papua, namun saat ini sudah banyak tumbuh di Pulau Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 400 – 1.000 m dpl. Perkembangbiakannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan biji.

Di daerah asalnya Papua, masyarakat di sana sudah lama menggunakan tanaman ini untuk penghalau serangga, khususnya nyamuk. Zodia memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine, sehingga menghasilkan aroma yang cukup tajam yang tidak disukai serangga. Selain itu, daun zodia terasa pahit, bisa digunakan sebagai obat tradisional, antara lain untuk menambah stamina tubuh, sementara rebusan kulit batangnya bermanfaat sebagai pereda demam malaria. (http://www.toekangkeboen.com/pengusirnyamuk.html)

Selain Zodia sebenernya ada lagi Rosemary, akarwangi, lavender, selasih (selasih?) dan geranium. Hmmm... Minggu besok kita ajak ayah yaaaa cari tanaman anti nyamuk ini.... yuk..yuk....



No comments: